Muh. Ridho Ardiansyah: “Berawal Dari Pengalaman”

Muhammad Ridho Ardiansyah yang akrabnya di panggil Ridho. Adalah seorang pria yang dilahirkan di  Palembang pada tanggal 8 Agustus 1988, ridho merupakan anak pertama dari 3 bersaudara. Dia adalah pribadi yang penuh kedisiplinan, konsisten dan humoris. Pendidikan formalnya di awali dari Sekolah Dasar  di Nurul Iman Palembang (Lulusan tahun 2000), lalu melanjutkan Sekolah Menengah Pertama di SMP Negeri 10 Palembang (lulusan tahun 2003), setelah itu melanjutkan ke sekolah Menengah Atas di  SMA Nurul Iman  Palembang (lulusan tahun 2006). Dan melanjutkan ke LKP PalComTech Palembang Komputer dan Internet Professional 1 Tahun pada tahun 2006. Kemudian melanjutkan ke jenjang strata 1 di STMIK-POLTEK PalComTech Tahun 2007.

Disinilah awal karir Ridho dimulai, selagi ia masih menjadi siswa LKP PalComTech Palembang pada saat itu ia merupakan siswa angkatan 13, pada saat itu kegiatannya sehari-hari selain ia belajar di LKP PalComTech Palembang ia juga bekerja di salah satu percetakan di Palembang, saat itu Ridho bekerja sebagai desain editor. Bagi dirinya ini pengalaman pertamanya terjun langsung ke dunia Desain dan bisa mengimplementasikan ilmu yang ia dapat dari Kursus di LKP PalComTech Palembang, di sela-sela pekrjaannya di percetakan tersebut ternyata ia juga mengisi hari-hari menjadi Announcer Radio Global 107,3 Fm yang terletak di Jln Jend Sudirman. Yang merupakan salah satu stasiun radio di kota Palembang.
Hingga memasuki awal tahun 2008, Ridho mencoba mengikuti Tes Instruktur Desain Grafis di LKP PalComtech Palembang bersama 5 orang lainnya. Pada saat ia di tes Teaching di hadapan staf dan instruktur yang memang di percaya oleh PalComTech yakni Bapak Rijalul Fikri, Bapak Dedi Wijaya dan Ibu Yunita beserta beberapa instruktur yang lainnya. “Dimenit-menit awal saya sempat sangat gugup ketika menghadapi penguji saya, namun setelah beberapa menit kemudian saya pun menguasai panggung dan bisa mengendalikan situasi” tegasnya.
Setelah mengikuti tes praktek, keesokan harinya ia di panggil bersama 5 orang lainya untuk menjalani tes berikutnya, yaitu tes wawancara oleh Ibu Yanti Effendi yang dimana pada saat itu merupakan Direktur LKP PalComTech Palembang. Dari lima orang yang mengikuti Tes Instruktur, LKP PalComTech Palembang hanya menerima 3 Orang yakni Ridho dan 2 Orang lainnya, Setelah mengikuti tes wawancara tersebut, Ridho pun resmi menjadi Instruktur Desain Grafis, materi yang diajarkannya adalah Corel Draw dan Adobe Photoshop. Seiring berjalannya waktu Ridho terus memberikan pengajaran yang terbaik untuk LKP PalComTech Palembang dan Siswa/i yang diajarinya. Hal ini dibuktikan Ridho melalui penghargaan sebagai instruktur Pembimbing Inovation Award 2010, saat itu Kartini sebagai siswa yang di bimbingnya juga menerima penghargaan Innovation Award 2010 yang karyanya adalah membuat Game Flash.
Innovation Award 2010
Selain itu Ridho juga sempat membimbing klub band dan klub vocal di LKP PalComTech Palembang di tahun 2010. Sesuai dengan hobi yang dimilikinya, yakni menyanyi dan bermain musik. Perjuangan ia dan siswanya pun tidak sia-sia, klub band yang bernama Life Peers pernah mengisi acara akbar PalComTech di PalComTech Student Party 2010.
Namun beberapa tahun setelah itu klub itu sempat fakum. Ridho pun tidak berhenti sampai disini, ia kembali membangun klub baru yang diberi nama PalComTech Animation Club. Klub ini dibuka secara resmi pada tanggal 26 Februari 2011. Dengan jumlah yang sangat membeludak di generasi 1, klub ini terus berkembang hingga ke generasi 2, 3 dan ke 4. Klub ini juga menjuarai Festival Edunimasi 2011 sebagai Juara 1 kategori LKP Se-Indonesia di bawah asuhan Ridho dan para anggota senior klub animasi lainnya.
Bagi dirinya sudah menjadi tugas dia untuk menjadikan siswa/i PalComTech untuk lebih berprestasi dan membawa nama baik LKP PalComTech Palembang. Ridho juga menaruh harapan besar bagi PalComTech, “Semoga PalComTech terus menjadikan siswa/i yang mempunyai skill di bidang IT, yang mampu bersaing di dunia kerja dimasa sekarang maupun yang akan datang” pungkasnya.
Berikut beberapa prestasi yang pernah diraihnya:
  • Juara I Vocal Group Nasyid Se-Kota Palembang 2005
  • Juara I Vocal Group Nasyid Se-Sumatera Selatan 2006
  • Juara I Vocal Group Nasyid Se-Sumatera 2006
  • Finalis Wajah Sumex 2004
  • Runner Up 2 PalComTech Idol 2007
  • Finalis IM3 Band On TV 2008
  • Juara I Festival Band Se-Kota Palembang 2007
  • Juara I Desain Kaos STMIK-POLTEK PalComTech 2010
  • Pembimbing Inovation Award 2010