Mendesain Logo PalComTech In Blender Part 2

Tutorial Part 2 ini, saya akan menggunakan tehnik indirect lighting, dan akan lebih menekankan compositing di Blender. Untuk model nya, saya melanjutkan model sederhana Logo PalComTech yang kita buat di Tutorial Part 1.

Dan ini sedikit gambaran simple compositing dengan node editor di Blender.

  

Saya harap untuk macam-macam view (right view (3 atau Numpad 3), front view (1 atau Numpad 1), top view (7 atau Numpad 7), dan lain-lain) sudah bisa mengerti dan memahami ya.

Langkah 1

Seperti biasa, pilih panel User Preferences -> Input -> Checklist Emulate Numpad

 

Langkah 2

Ubah mode View ke Front View (Orthographic ya), lalu tambahkan Mesh/Objek Plane.

 

Langkah 3

Terbang ke Top View (7), Perbesar mesh/objek Plane secukupnya.

 

Langkah 4

Atur jarak Plane dengan logo nya, zoom in, Grab (G) plane nya, sesuaikan.

 

Langkah 5

Duplikat Objek “I”, lalu klik kanan saja (ingat, bukan hilang tapi bertumpuk)

 

Langkah 6

Sebelum mengganti warna objek duplikat tadi, klik tanda “+” terlebih dahulu, lalu edit lah sesuai yang ada di gambar di bawah, nah terus pindahkan lebih kebawah objek putih tadi (Emit nilai 1.00).

Note: Pastikan juga Objek-objek yang berwarna oren/ objek asli nya, “Emit” nya terisi nilai 1.00

Langkah 7

Pergi ke tab “F” atau object data (berlaku untuk Text saja), tambahkan nilai “Offset” nya, sesuaikan saja.

 

Langkah 8

Pergi ke tab World di panel properties, dan atur lah sesuai yang di gambar bawah ini. Ganti Horizon Color jadi hitam dan atur nilai “Strength”, sesuai kan saja.

Langkah 9

Atur seperti di gambar dibawah ini.

 

Langkah 10

Ketika rendering sudah selesai, ubah mode editing yang tadinya default ke mode “Compositing” dan ubah panel dibawah nya, menjadi “Node Editor”.

 

Langkah 11

Tampilan Panel Node Editor.

 

Langkah 12

Zoom in  dan ceklist “UseNodes” dan “Backdrop” dibawah. Lalu beri jarak Kotak Composite dan Viewer dengan Render Layer nya.

 

Langkah 13

Tambahkan Efek blur dan Flat menjadi Fast Gaussian mode, perhatikan relative, XY, lalu perhatikan juga tali-tali penghubungnya.

 

Langkah 14

Tambahkan kotak Color Balance untuk memberi warna Blur nya.

 

Langkah 15

Tambahkan Kotak Color, “Mix” dan ubah menjadi “Add”. Perhatikan Tali-tali penghubungnya.

 

Langkah 16

Silahkan atur kembali XY pada Blur, titik warna color balance, dan juga “Fac.” pada Color Balance & Add. Dan yang paling penting, Tali-tali penghubung kotak itu harus benar.

 

Langkah 17

Tekan F11 atau klik Animation di tab Render pada panel properties. Dan ini hasil dari pengambilan View Camera yang berbeda dari tutorial diatas.


Memang untuk awalnya bermain dengan node dan tali-tali ini agak sedikit rumit, dan mungkin banyak juga pertanyaan yang keluar, seperti “kenapa harus begitu?”, “kenapa harus disitu talinya?” dll.
Pelajari fungsi-fungsi node ini dan mainkan saja logika mu, tidak bakal lama untuk mengertinya asal sering di otak-atik. Tutorial selanjutnya akan membahas tentang “Particle System”, dan akhirnya nanti kita akan membuat simpel animasi 3D dari logo ini.

“Selamat Mencoba, Semoga Bermanfaat”

1 komentar: