Memanfaatkan Mozaik Effect pada Adobe Photoshop CS3

Mungkin kita sudah sering melihat efek-efek texture pada tutorial, Dalam efek ini Text yang kita buat dalam desain seolah-olah dibuat dari berbagai jenis pecahan keramik., disini saya mencoba membuat sebuah efek sederhana dengan memanfaatkan efek textute tersebut. Dengan sedikit efek drop dan inner shadow ditambah bevel and emboss sudah dapat menghasilkan efek yang lumayan artistic yang dapat digunakan dalam project-project desain yang akan kita gunakan.




Langkah 1

Untuk membuat efek diatas, hal pertama yang dilakukan adalah membuat teks terlebih dahulu  dengan  ukuran kanvas bebas disini saya buat dengan ukuran 1000 x 658px dengan resolusi 150ppi, lalu beri warna background dengan gradient color seperti gambar berikut

Langkah 2

Setelah text dibuat, beri efek inner shadow efek pada teks tersebut dengan angle 900, distance 2px choke 0% dan size 2px
Kemudian masukkan logo atau gambar sebagai variasi desain dari teks yang telah kita buat

Langkah 3

Kemudian Gabungkan semua layer yang telah kita buat dengan background dengan cara blok semua layer  > CTRL + E

Langkah 4

Lalu buat seleksi dengan menggunakan lasso tool sebagai area yang akan dibuat efeknya.

Masukkan mode quick mask dengan menekan tombol “Q”. Di sini bagian tidak terpilih akan ditutupi warna merah sementara bagian terpilih akan bersih. Atau dapat juga mengaktifkan Edit in Standard mode pada toolbox.

Langkah 5

Setelah mode quick mask di aktifkan, pilih menu Filter > Texture > Stained Glass

Setelah efek Stained Glass diaktifkan ubah ukuran cell sizenya dengan kebutuhan semakin besar nilainya maka akan semakin besar diameter dari efek Stained Glassnya, sebagai contoh  Cell Size = 40, Border Thickness = 8, Light Intensity = 0 lalu klik ok.
Setelah di OK maka akan tampil seperti gambar berikut.

Langkah 6

Kemudian tekan tombol Q kembali, ini untuk menghilangkan mode quick mask dan menghasilakan seleksi yang berbentuk Stained Glass, lalu duplikat seleksi tersebut dengan CTRL + J sehingga akan membentuk layer baru dengan bentuk Stained Glass.

Langkah 7

Buat layer baru di bawah layer yang berbentuk Stained Glass dan isi dengan warna putih. Tidak harus putih, Anda bisa pilih warna apa pun, tujuan kita hanya menyembunyikan Background.

Langkah 8

Klik ganda pada layer Stained Glass yang telah kita buat tadi, Langkah ini akan memunculkan kotak dialog Layer Style. Dari kotak dialog ini aktifkan Drop Shadow, Inner Shadow, dan Bevel and Emboss. Untuk dua styles pertama, Drop dan Inner Shadow, tidak ada setting khusus cukup yang standar saja.
Untuk Bevel and Emboss pilih Technique: Chisel Hard agar sisi terluar layer terlihat tajam, seperti bentuk keramik. Selain itu Anda mungkin ingin mengubah setting Angle untuk mengubah arah cahayanya.
Dan akhirnya tinggal klik OK untuk menyelesaikan efeknya. Maka desain Stained Glass Pada efek teks selesai. ^^, silahkan di expresikan dengan style kamu..
^^ selamat mencoba ya ..^^

4 komentar:

  1. foto mozaik menarik
    recomended di coba!

    BalasHapus
  2. Selamat Mencoba ya Najibulloh.. See u again :)

    BalasHapus
  3. cara memberi efek pada beberapa kotak biar berlubang atau setengah lubang gimana min? Seperti yang ada pada hasil jadi di awal halaman ini.

    BalasHapus
  4. Keren ...:D buka photoshop ane cm taunya kasi tulisan trs sama ngasih warna j (y)

    BalasHapus